Minggu, 16 Oktober 2011

TIPS BERMAIN KEYBOARD

 
Berdasarkan pengalaman saya dalam bermain keyboard, itu merupakan hal yang sangat menyenangkan sekali dan menantang untuk mencoba hal-hal yang baru dalam bermain keyborad walaupun memang saya merupakan pemain keyboard yang masih baru dan belum ahli sekali, tapi saya akan membagi sedkit tips dalam bermain keyboard untuk mengiringi soloist atau vocal group dari pengalaman saya.
Tipsnya :
1. Dalam memulai lagu, usahakan untuk intro tidak selalu bergantung pada intro otomatis style keyboard yang dipakai bila dalam pengiringan menggunakan style.
2. Dalam penempatan volume, usahakan untuk diseimbangkan dengan penyanyi. Contoh : dalam intro pertama lagu, volume misalkan diangka 10, setelah masuk bait lagu dan penyanyi akan menyanyikan lagu tersebut, volume diturunkan misalnya ke angka 9 atau 8 (volume diimbangi dengan penyanyi dan jangan sampai volume keyboard lebih besar dari pada penyanyi), setelah masuk ke interlude, volume dapat kembali dinaikan seperti intro awal yaitu volume diangka 10.
3. Dalam penggunaan voice, usahakan untuk memakai voice yang ringan pada awal lagu atau pada lagu yang belum kita kenal (seperti : piano, e.piano, strings, dan lain-lain) dan untuk penempatan volume voice agar tidak lebih besar dari volume style yang digunakan (volume voice dan volume style harus seimbang).
4. Dalam mengiringi penyanyi, usahakan untuk tidak terlalu menonjolkan melodi voice / dalam satu lagu dari awal sampai akhir melodi voice yang selalu menjadi dominan. Lebih baik melodi voice tersebut digunakan sebagai backing atau pengisi kekosongan dalam lagu.
5. Dalam mengakhiri lagu dengan rit, jangan menstop style untuk rit lagu secara tiba-tiba dengan start/stop style, lebih baik bila lagu tersebut memakai rit gunakan fill in terlebih dahulu lalu menstop style keyboard agar tidak terjadi kekosongan secara tiba-tiba pada lagu atau gunakan ending yang memiliki durasi yang pendek seperti hanya 1 bar / 2 bar (bila didalam menu style keyboard tersebut ada).
Sekian dari tips saya, bila ada kekurangan saya mohon maaf dan mohon dikoreksi lagi bila ada yang kurang atau ada yang salah karena saya pun juga masih belajar dan kita semua disini sama-sama belajar dari pengalaman dan dari pengalaman tersebut untuk kedepannya agar lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar